Laman

Kamis, 28 Juli 2016

Seandainya Indonesia adalah Video Game, Ini yang akan gue simulasikan :D

Haloha .... setelah sekian lama gak blogging, jadi rindu mau berbagi pendapat nih, hehehe.

Yapp judul Postingan emang agak berkhayal jauh. Mungkin reader bakal bertanya dalam hati "Kenapa gak jadi presiden aja?". Well, maksud ane menulis judul seperti itu adalah jikalau Indonesia menjadi negara yang nyaman seperti negara-negara maju didunia dengan mudah , why not?

Memang semua hal harus ada prosesnya, gak bisa instan dalam sekejap mata. Tapi, seandainya Indonesia adalah sebuah Video Game yang seluruh tata letak perkotaannya bisa diatur dan menambah sistem politik dan ekonomi, why not we try this game?

Kita tahu, sebagai WNI kita sudah bosan dengan kata 'macet'. Dimana-mana macet sampai bokap ane (Ayah) gak mau liburan keluar rumah kalau jalanan masih macet. Sampai-sampai yang nulis ini juga bosan ngetik 'macet', hahahaha....

Gue iri dengan negara lain, bukan hanya ketertiban warga negaranya, tetapi juga tata letak kota yang bersih dan rapih. Apalagi negara-negara maju di eropa, gak usah ditanya lagi deh. Dalam hati ane sering bertanya, "kapan ya Indonesia bisa tertib dan teratur?". Ane lemes setiap hari seperti mendengar keluhan masyarakat Indonesia yang mengeluhkan macet, sampah, dll.

Semakin lemes ane mengeluhkan semua itu jika tak ada solusi. Baiklah, gue akan mulai gamenya dan memainkannya (jeng jeng).
Fitur-fitur yang akan ane tambahkan adalah:

1.Menambah terminal angkot atau kendaraan umum lainnya dan diberlakukan aturan yang tegas.

Angkot atau angkutan kota sering jadi bahan bualan para rider dijalan. Pasalnya, para supir masih saja parkir/menaikan/menurunkan/ngetem sembarangan. Daripada bikin kesal, lebih baik dibuatkan terminal khusus. Sebab di kota ane tinggal sekarang minim sekali akan yang namanya terminal. Ane akan simulasikan, jika angkot atau kendaraan umum berhenti sembarangan apapun tujuan dan maksudnya, akan kena tilang dan langsung denda sebesar Rp.500.000,- (Kecuali mogok). Jika hal itu terjadi lebih dari 3 kali maka sang supir dilarang kerja selama sebulan atau lebih. Dengan demikian jumlah orang yang mau melanggar aturan bisa lebih ditekan.

2.Membatasi jumlah kendaraan pribadi dijalan raya.

Kendaraan pribadi juga jadi masalah besar bila tidak dikendalikan jumlahnya. Contoh saja sepeda motor. Dalam satu kepala keluarga saja saat ini rata-rata minimal sekitar 3  sepeda motor harus ada dirumah. Hal ini juga berdampak pada energi alam yang terbatas dimana semakin banyak kendaraan pribadi dijalan, semakin drastis pula konsumsi sumber daya yang terbatas tersebut. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar , pastinya bisa mengurangi polusi. Lalu bagaimana dengan peraturannya? Gue akan menambah fitur 'terms and technology' yang agak unik, yaitu "Counting Machine for Private Motor Vehicles".Inovasinya, mesin ini berbentuk bulat yang ditanam di dalam kendaraan pribadi yang sudah dibeli. Berguna untuk mengatur jumlah kendaraan yang sudah dibeli dari dealer kendaraan yang bersangkutan guna membatasi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya. Bila kendaraan sudah mencapai angka maksimal, maka tak bisa dibeli dengan syarat apapun kecuali menunggu tahun berikutnya. Mesin ini juga pastinya bisa mendeteksi rekaman jejak 'Traffic' si kendaraan bermesin yang nantinya bila terjadi pelanggaran lalu lintas, si pengemudi dapat terkena tilang dan diberitahukan lewat SMS atau telpon. Selain menambahkan teknologi, gue akan menambahkan fitur 'Public Transportation Day' yang diadakan dua hari dalam seminggu. Semua warga negara dilarang menggunakan kendaraan mesin pribadi, kecuali ada perlakuan khusus untuk pekerja kurir dan sejenisnya. Pekerja tersebut juga harus punya surat izin berkendara yang berbeda dari yang lain.

3.Menambah CCTV di setiap sudut kota.

Guna CCTV tentunya untuk melihat suatu kejadian secara terus menerus. Jika ditempatkan disetiap sudut kota, tak hanya traffic yang bisa kita atur, melainkan tindakan kriminal dan kejahatan lainnya bisa ditekan. Fungsi lainnya juga bisa jadi pengatur kebersihan dengan menetapkan peraturan yang lalu. Jadi semua yang terlihat di CCTV juga akan terlihat oleh pemerintahan. 

4.Mengurangi sampah diseluruh kota dengan mendaur ulang

"Mendaur ulang sampah" atau Recycling , pasti sering disebutkan oleh semua orang untuk mengurangi sampah. Eiitts, tapi yang satu ini berbeda. Gue akan menambahkan fitur "Cleaning Job" untuk para pengangguran dan pemulung. Dengan menyulap mereka menjadi orang yang punya pendapatan tetap, mereka bekerja sebagai dinas kebersihan. Dengan menyortir sampah yang sudah dikumpulkan, maka dapat didaur ulang menjadi barang yang bernilai dan bermutu. Contoh : sampah organik bisa disulap menjadi pupuk organik dan sampah non-organik bisa disulap menjadi barang bernilai estetika dan fungsional. Pekerjaan ini juga dapat sebagai hukuman para supir angkutan umum yang melanggar aturan.

5.Mengatur jumlah imgran.

Kalau masalah anak, sudah cukup ya. Sekarang pemerintah sudah punya semboyan untuk keluarga baru "Dua anak lebih baik". Hal ini berguna untuk mengurangi kepadatan penduduk. Lain lagi kalau imigran. Sepertinya mereka berimigrasi sangat mudah tanpa berpikir panjang dan tak peduli pada kota yang dituju. Kalau begini caranya, ane akan buat peraturan baru. "KLIK , KLIK , KLIK" *Suara mouse , hehehe. Ane akan membuat sistem yang sama seperti passport, dan menambah peraturan dengan meminta surat rekomendasi dari kelurahan dan kecamatan untuk dapat pindah kota, baik untuk tinggal permanen maupun sementara. Dengan meminta keahlian pekerjaan, maksud dan tujuan jelas maka imigrasi dari daerah satu ke daerah lain dapat terkendalikan dan ditekan jumlahnya.

Cukup sekian dari ane, GM udah ngasih tau kalau gue udah main 2 jam dan disuruh istirahat , ha ha ha. Well, masih banyak banget sebenernya yang mau ane ubah mulai dari pemberantasan perumahan kumuh di pinggir kali/sungai, pedagang kaki lima yang seenaknya berjualan tanpa melihat dan mengindahkan fungsi trotoar, dll. Sayangnya jari-jari ane pegel dan perlu diurut , ha ha ha. Itu adalah sebagian opini dan inovasi yang masih berupa tulisan, semoga beberapa komplotan green community dan sejenisnya bisa lebih banyak lagi berinovasi. Jangan lupa kritik, saran dan komentar ente ya~~ semoga jari-jari gue ga pegel lagi buat ngetik beberapa artikel yang ga berguna. Stay tuned for next Not Recommended articles .😊😆

Sumber gambar: hqpictures.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar