Laman

Sabtu, 30 Juli 2016

Reaksi gue saat di tanya: Pilih MCU atau DCU??

Halo reader! Post kali ini not recommended banget buat para reader ,deh. Sebab ane mau bahas yang ada di judul hehehe... Jangan lempar piring ke ane dulu ya ha ha ha!

Ane pernah ditanya pada suatu moment lagi ngomongin dunia film. Film emang gak ada habis-habisnya dan membuat ane penasaran , apalagi dunia perfilman Marvel dan Dc. Ane gak bakal bahas orang-orang pecinta Marvel maupun DC, sebab mereka bagaikan air dan minyak ha ha ha.

Note: FYI yang bingung apa itu MCU dan DCU
MCU: Marvel Cinematic Universe (dunia perfilman marvel yang dikembangkan asli atau film yang karakternya berasal dari komik dan kartun yang diproduksi oleh Marvel Entertainment contoh: Captain America, Ironman, Avengers series dan film-film upcoming lainnya)
DCU : DC Cinematic Universe (Film-film yang hasil produksi asli atau based on DC Entertainment. Contoh : Dark Knight Series, Superman series, Man Of Steel, Batman V Superman dan film-film upcoming lainnya.)

Sekedar ditanya oleh temen ane. "Lo suka DCU atau MCU?". Waduh , berat hahaha. Sebab ane nonton kedua belah pihak tersebut. Tapi kalau ditanya tentang superhero gua bakal tambah gak bener lagi jawabnya hahaha ...
Gue punya empat karakter favorit. Dua dari DC dan dua lainnya dari Marvel dan melingkupi Superhero maupun supervillain. Tapi ada urutan terfavorit, ini nominasinya:
1.Batman
2.Black Panther
4.Faora-ul
5.En Sabah Nur a.k.a Apocalypse
Yahh , yang diatas anggap saja curhatan hati ha ha ha.

Opini ane tentang kedua dunia besar itu sangat beda, tapi kalau disuruh pilih satu ane pilih....
DCU. Sabar ya buat para reader yang MCU lover ha ha ha.

Dibawah ini adalah pendapat serta alasan ane tentang DCU, tanpa harus dibandingkan dengan MCU. Sebab ane punya chemistry khusus dengan 2 dunia besar tersebut.
1.Superhero yang pertama ane lihat adalah Batman.

Waktu kecil, ibu gue sering beliin mainan. Banyak sih karakter superhero gitu. Dulu ane ga tau nama-nama dari karakter tersebut. Tapi dari sekian banyak superhero warna warni (sebut saja Power Rangers), cuma ada satu karakter yang hitam pakai jubah, yaitu Batman. Terlihat keren dan beda dari yang lain (karena pakai jubah), berikut-berikutnya saat ane diajak kepasar ane minta emak untuk beliin mainan Batman tersebut. Hingga sampai sekarang karakter Superhero terfavorit ane adalah Batman. Tak hanya dari mainan, ane juga suka menonton film Batman tahun 90an, Dark Knight series dan Batman V Superman. Dan terkadang ane juga main gamenya seperti Batman : Arkham City, Batman : Arkham Knight dll.

2.Menganggap Superman lahir dari komet/meteor.

Yang ini agak lucu ha ha ha, sebab waktu masih kecil dulu sering beranggapan Superman lahir dari komet. You know lah, film superman tahun 90-an scene awalnya adalah komet jatuh. Ya namanya juga masih kecil jadi ga tau apa apa ha ha. Sering nanya seperti itu waktu masih sd, ane ditertawakan, ha ha. Kalau inget kejadian ini bikin ketawa juga yang buat post ha ha. Beranjak SMP akhirnya bisa percaya kalau Superman adalah manusia dari planet lain. Karena makin penasaran dengan asal usul Superman, ane sampai-sampai nonton 10x lebih film Man Of Steel. Disini juga ane mulai suka dengan anak buah Jendral Zod, Faora-Ul.

3.Sering nonton kartun Teen Titans.

Kalau ngomongin masa kecil jadi inget enaknya hidup tanpa gadget canggih. Termasuk indahnya menonton seri Teen Titans. Dulu kartun ini keren banget karena karakter kesukaan ane di Teen Titans adalah Beastboy. Menurut pandangan ane, Teen Titans cocok ditonton semua umur karena karakter-karakter di serial ini masih remaja/masih kecil. Jadi, seperti melihat calon-calon superhero yang masih freshyear 

4.DC punya cerita yang sangat berat.

Kebanyakan orang yang tahu DC sebatas Batman dan Superman, menganggap cerita tersebut ringan dan mudah untuk ditebak. Bahkan mereka tak mau ambil pusing dengan film-film tersebut. Eits, jangan salah ya. Diluar sana masih banyak penggemar DC yang suka dengan cerita yang bikin pusing loh. Bahkan saking tertariknya mereka dengan DCU, banyak forum dan komunitas DCU untuk share opini dan teori-teori mereka tentang superhero dan easter egg DCU. Dari sekian banyak judul film DC pernahkah kamu mendengar judul film Watchmen? Yapp ini adalah film tentang superhero. Eiittss , jangan salah ya. Watchmen bukan film untuk orang yang suka cerita ringan. Basmi musuh lalu menang. Teori itu tak akan berlaku di film ini. Film yang digarap oleh Zack Snyder ini berhasil membuat sebagian besar orang Indonesia memilih keluar bioskop ditengah-tengah penayangan film ini. Kenapa demikian? Film ini menceritakan tentang superhero yang hidup di era 60 sampai 80an (kurang lebih sih, ane lupa maaf ya he he) dimana banyak terjadi prostitusi sangat amat parah, gangster dimana-mana, dan kasus-kasus kejahatan seksual dan lainnya. Pada awalnya, kamu tak akan mengerti ceritanya karena tidak terlalu banyak scene action, ditambah durasinya yang 3 jam membuat kebanyakan orang penat. Eiits, tapi respon dari ane positif kok. Film ini sangat teoritis dan yang pasti penonton akan selalu bertanya siapa yang jahat dan siapa yang baik.

5.Film upcoming DCU dan suguhan dari trailernya.

Sebelum Batman V Superman : Dawn Of Justice rilis, ane udah ga sabar banget untuk nonton film ini. Sebab BVS (Batman V Superman) merupakan starter pack yang amat bagus sebagai film pembuka. Satu hari setelah menonton film ini, hampir 80% teman-teman disekolah ane gak suka ama nih film. Wow, amazing! Mereka tak melihat sisi lain cerita ini. Yap, banyaknya easter egg dari BVS akan mengundang Justice League sebagai film lanjutan. Tak terkecuali film yang akan rilis tahun 2017, Wonder Woman sudah membuat ane dag dig dug untuk segera menonton film tersebut. Terlepas dari Justice League dan Wonder Woman sebagai film yang udah ane masukin ke wishlist, ane sudah siap untuk jadi penjahat bersama Suicide Squad. Kabar baiknya , Di indonesia akan segera rilis tanggal 3 Agustus 2016. Dilihat dari cara mengiklankan filmnya melalui trailer, Justice League merupakan Most anticipate trailer bagi ane (mungkin juga untuk kebanyakan orang) serta trailer Wonder Woman yang sangat apik.



Well, itu baru pendapat dan alasan ane suka DCU, sekarang giliran MCU 

1.Banyak Superhero hasil mutasi dan penuh sci-fi.

Kalau dilihat sisi biologis, MCU punya banyak sekali Superhero hasil mutasi walaupun mereka terkadang bukan disebut mutan. Beberapa diantaranya adalah :
A.Spiderman
B.Captain America
C.Hulk
D.Twin Maximoff
E.X-men family, dll.
Menurut ane, MCU masih banyak menyuguhkan sci-fi dimana didunia nyata ini sudah  diaplikasikan beberapa dan ada beberapa yang sudah terjadi. Contohnya karbon fiber yang dipakai sayap mekanik Falcon juga diterapkan didunia nyata sebagai bahan dasar beberapa mobil mewah. Lalu beberapa anggota X-men yang mutasinya juga ada didunia nyata seperti magneto dan masih banyak lagi.

2.Seri X-men

Walau tidak ditangani langsung oleh pihak Marvel, X-men tetaplah film Marvel yang semua karakter serta ceritanya diambil dari Marvel Universe dan terkadang para fans MCU mengatakan X-men bukanlah MCU. X-men tetaplah MCU, yang membuat beda adalah pengembangan filmnya bukan oleh pihak Marvel Studios (kalau tak salah X-men di produksi oleh TSG Entertainment). Karena itu, Captain America dan kawan-kawan tak akan bertemu dengan X-men families dalam dunia sinema. Ane punya chemistry yang sangat kuat dengan film-film dari x-men. Saking kuatnya, terkadang ane sampai bertanya sama guru biologi ane selama masih sekolah di SMA, khususnya tentang mutasi. Ane pernah menonton film ini lebih dari 5 kali, sehingga menjadi seri terfavorit. Beberapa seri favorit ane adalah:
A.The Wolverine Origins
B.X-men : Apocalypse
C.Deadpool
Menurut ane, seri dari x-men susah untuk ditebak sehingga ane mengkategorikan film ini Dewasa (Karena unsur teoritis dan cerita agak berat).

3.Superhero supranatural

Kalau mendengar kata supranatural, mungkin membuat agak merinding, termasuk si Ghost Rider yang berhasil membuat masa kecil ane takut pada penayangan perdananya. Ya, bagaimana tidak. Scene horror yang penuh aksi Nicholas Cage membuat film ini bukan terlihat seperti film-film superhero lainnya. Unsur 'Demonic' diperlihatkan dengan jelas dibanding unsur superhero-nya. Kalau ane bilang sih , ini bukan film superhero. Melainkan film yang menceritakan hubungan kontrak antara manusia dan iblis, untuk bisa membedakan Ghost Rider dengan superhero lainnya adalah sifat heroic yang hanya terpaku pada penyelamatan pribadinya dibanding orang lain serta terlihat kejam (Anti-Hero). FYI, Ghost Rider adalah keluarga dari Marvel Knight. kalau mau tau lebih lanjut apa itu Marvel Knight, klik disini.

4.Mempunyai banyak pilihan cerita.

Marvel lebih memperlihatkan banyaknya pilihan film, dimulai dari cerita yang enteng sampai terberat. Jujur saja, selama ane menonton film-film dari MCU, ada 2 seri atau film yang ane cap sebagai film yang membuat kita harus menonton lebih dari 1 kali. Yaitu X-men series dan Captain America : Civil War. Kenapa sih Civil War masuk nominasi cerita terberat dan dianggap film dewasa? Beberapa alasan ane adalah:
A.Dari awal akan disuguhkan
banyak easter egg.

B.Konflik superhero vs superhero yang tak pantas ditonton anak dibawah umur. Sebab pengertian superhero adalah pahlawan yang baik hati/pahlawan yang baik hati juga mempunyai kekuatan super.

C.Banyak flashback dan membuat berpikir 2 kali maksud dari setiap scene.

D.Sedikit ada unsur politik. Contoh: Opini yang berbeda dimana kedua kubu mempertahankan opini tersebut dan mengganggap opini kubu lain adalah salah padahal benar dan sebaliknya. 

Well, itu dia pendapat ane tentang MCU dan DCU. Hehe pokoknya jangan rasis , ya. Bukan berarti fans DCU gak boleh nonton film dari MCU dan sebaliknya, yang penting kita menghargai pilihan orang. Semoga post ini jadi referensi kamu buat milih satu dunia cinematic superhero terbesar. Jangan lupa buat saran, komentar dan kritiknya ya. Sampai jumpa lagi di lain sesi yang ga berguna. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar