Laman

Sabtu, 07 Mei 2016

Mengenal Astronomi untuk AWAM DAN UMUM

Halo reader! Apa kabarnya ? Semoga sehat selalu ya .. 😄😄

Gua lagi iseng banget nih sehingga gua pengen curhat + bagi ilmu ke kalian semua , hehehe. Well , tadi pas baca artikel tentang astronomi di line , tiba2 gua jadi inget sama temen2 ane yang masih ga ngerti bahkan ga tau 'itu' apa.

Yaps 'itu' yg ane maksud adalah bintang jatuh(?). Mungkin bagi para Amateur Astronom maupun ilmuan2 astronom bakal aneh ya kalau baca atau dengar kata bintang jatuh. Sebab , bintang ga bergerak secepat 'itu'.

'Itu' yang ane maksud adalah 'meteor shower'. Tapi sayangnya ane ga bahas 'meteor shower'nya hehe ... Melainkan memberi pendapat sekaligus menyebar ilmu umumnya.

Meteor shower adalah salah satu fenomena alam. Jadi kalo ada meteor yang lewat , jangan wish a hope atau wishing on something ya hehehe... Jadi jangan salah lagi bahwa 'itu' adalah meteor shower. Meteor shower hanyalah salah satu fenomena astronomis , sebab di atas langit lebih banyak lagi fenomena astronomis lainnya. Seperti Solar Eclipse (gerhana matahari), Lunar Eclipse (gerhana matahari), komet lewat (bisa dilihat kok , asal pakai teleskop 😄) , dan masih banyak lagi. Eitss , pelangi juga salah satu fenomena langit tapi bukan peristiwa astronomis , melainkan peristiwa meteorologi . Astronomi dan meteorologi hampir sama , tapi cangkupannya berbeda. Menurut ane secara garis besar astronomi itu adalah kakak dari meteorologi dan geologi/geofisika.

Sedikit nyontek dari pak wiki , ini pengertian dari para ahli:

Astronomi ialah cabang ilmu alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit (seperti halnya bintang,planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi) serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luaratmosfer Bumi (misalnya radiasi latar belakang kosmik (radiasi CMB)). Ilmu ini secara pokok mempelajari pelbagai sisi dari benda-benda langit — seperti asal-usul, sifat fisika/kimia,meteorologi, dan gerak — dan bagaimana pengetahuan akan benda-benda tersebut menjelaskanpembentukan dan perkembangan alam semesta.

Sumber : wikipedia
Url : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Astronomi

Ane anak ipa disalah satu SMA di kota Tangerang Selatan (bukan mau nyombong ya hehehe😆😆...) Ane 'kenalan' sma astronomi pas SMP. Tapi baru sebatas teori2 apa itu planet , bintang dll. Alasan ane belajar astronomi sampe sekarang adalah suatu bentuk apresiasi ane atas 'Unbeatable Arts of God' . Keren keren banget bagi ane pribadi fenomena astronomis itu. Dan juga banyak misteri yang bagi ane 'gak biasa'. Astronomi adalah salah satu materi pelajaran yang ane pelajari disamping semua pelajaran pokok disekolah.

Setelah lulus SMP , ane merasa pengen nambah ilmu astronomi lagi di SMA dan berdoa supaya ada komunitas atau pelajaran khusus untuk mapel astronomi. Maka ane pilihlah jurusan IPA (MIPA) karena astronomi adalah cabang dari ilmu pengetahuan alam. Setelah belajar selama kurang lebih 5-6 bulan di SMA , ternyata anak ipa ga belajar tentang astronomi secara full , melainkan udah main hitung gravitasi dll , ane kira bakal full sma teorinya . Setelah ane liat ke perpus ternyata materi astronomi ada di buku GEOGRAFI. Ane emg belajar ttg apa itu gravitasi , periode benda langit , cahaya , optik dll , tapi ternyata teori ilmiah dasarnya (seperti pembentukan planet dan alam semesta) di pelajari di jurusan IPS. Ane semakin bingung sama SMA hahahaha .... Sampai2 ane belajar bareng sama anak-anak IPS utk membahas dan sharing ttg astronomi. Merasa belajar teori dari 'mereka' sudah cukup , ane bertekad nambah ilmu astronomi , baik teori maupun hitungan secara otodidak. Alhasil , gue bisa sedikit2 di hitungannya dan sudah melakukan observasi.

Secara pribadi , ane observasi / pernah lihat komet melintas dengan magnitudo sekitar 3-5 dan melihat fireball (meteor yang terbakar oleh atmosphere bumi sehingga menghasilkan api yang sangat terang) walaupun gak bisa foto karena keterbatasan gadget , hahahaha ...

Kalau sudah tau astronomi enak kan ? Indah pula fenomena fenomenanya dan bisa dinikmati. Tak perlu di geluti terlalu dalam , sudah tau fenomena fenomena apa saja tentang astronomi , tidak membuat kita buta terhadap astronomi.

Astronomi tak hanya sebatas fenomena alam yang indah , tapi juga berhubungan dengan bintang , planet , alam semesta , materi hitam , nebula , maupun satelit alami dan buatan. Mempelajari siklus bintang dan planet , black hole , komet , meteor , asteroid dan masih banyak lagi. Seru kan ? Hehehe ..... Terlebih lagi masih banyak yang tidak tahu bahwa Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mempunyai jurusan Astronomi di FMIPA ITB. Wuihhhh , keren!! Jadi kalau mau belajar astronomi di PTN , ga usah jauh2 ke luar negeri hehehe ...

Ilmu yang ane beri emang sedikit , tapi ane berharap akan ada manfaatnya untuk orang banyak. Tidak ada salahnya bagi orang tua untuk mengajarkan astronomi dari hal yang paling sederhana kepada buah hati.
Kalau ada kritik , saran , komentar atau mau discuss bisa di isi kolom komentarnya. See ya later!!

Sumber gambar : www.nasa.gov
url: https://www.nasa.gov/multimedia/imagegallery/image_feature_211.html
Image details : Cat's eye nebula (NGC 6543)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar