Laman

Selasa, 21 Februari 2017

Android Gamer apa bedanya dengan gamer biasa?

Haloo guys~
Sorry ane baru nulis lagi wkwk...
Lagi-lagi artikel ga penting hahahahaa.... Yah , karena jadwal kuliah yang padat akhirnya gue bisa nulis lagi

Jadi gini , awal kasus ada beberapa temen ane yang suka simpang siur ngomongin tentang game. Beberapa persepsi mereka , mereka suka dengan platform PC karena dinilai mempunyai banyak aplikasi , termasuk game. Akan tetapi ada kontranya dari gamer PC , mereka menganggap orang yang bermain game di handphone (Android Gamer atau Mobile Gamer) bukanlah gamer atau bahkan tak pantas di sebut gamer. Masalah ini gak terlalu besar menurut ane , tapi ane hanya ingin memberi hikmah dari kejadian ini.

Well , game zaman sekarang lagi marak. Apalagi game-game dari platform Android yang katanya game dari developer-developer baru sudah menyaingi game-game kelas PC. Bukan ingin promosi nih huehehehe , tapi sekilas kita dapat mencari sebuah game alternatif dari platform ke platform yang bahkan game dari platform sekelas PC atau PS4 , Xbox one dan Wii dapat di cari versi mobilenya , seperti :

1.Game RTS mobile seperti Clash Of Clans dari Supercell , dapat menjadi alternatif game RTS di PC seperti game RTS kolosal seperti Age of Empire dan Star Wars : Commander dapat menjadi game alternatif dari seri starcraft

2.Genre game yang sedang naik daun seperti MOBA dapat kita temukan di Android seperti Mobile Legends dan Vainglory dapat dimainkan secara free to play

3.Game FPS atau TPS yang mudah ditemukan seperti NOVA 3 , Shadowgun series , dll



Contoh diatas hanya sekilas dan berdasarkan pengetahuan ane yang masih sedikit akan banyaknya game , masih banyak lagi game-game android yang dapat kita mainkan.

Gamer dapat berarti orang atau pelaku yang bermain game , dimana arti dari game sendiri adalah permainan. Walau pada zaman sekarang kata gamer merujuk pada pemain game virtual , tak membuang arti dari pelaku permainan nyata lainnya seperti pemain permainan tradisional. Ini artinya , kita hanya salah mengartikannya dan terpaku pada satu tempat.
Gamer yang dimaksud di artikel ini , lebih merujuk pada pemain permainan virtual akan tetapi tak menutup kemungkinan permainan fisik lainnya tak dianggap seperti monopoly , kartu dan lain lain.

Dilihat dari kasus yang ada , kita terlalu mudah membedakan dan mengintimidasi kaum yang dianggap tak berkelas dan menganggap bahwasannya android gamer bukanlah gamer sejati. Well , secara naluri kita dapat memilih platform mana yang kita ingin mainkan. Bukan berarti kita tak setia terhadap satu platform. Itu artinya gamer tak jauh dari kata kolektor.

Beda cerita tentang orang yang sangat menikmati game. Mereka terbiasa memainkan game dari platform satu ke satu yang lainnya bukan karena tak setia pada satu platform. Hal ini menimbulkan rasa ingin mengoleksi. Contoh saja , seseorang bisa saja mengoleksi game PS4 dan XBOX One pada waktu yang sama. Bahkan gamer-gamer dengan selera yang tinggi , mudah respect dengan game jadul (klasik) seperti Mario Bross , The Legend of Zelda dan lain-lain. Hal ini membuat mereka bukan lagi seorang gamer , tetapi lebih dari gamer yakni seorang penikmat game. Jika tak percaya , lihat saja betapa antusiasnya gamer-gamer dunia ingin memainkan game-game retro di Nintendo atau Sega.
Sumber gambar : Instagram (@psgamergirl)



Kesimpulannya , jangan terlalu salah mengartikan sebab selama ada game di platform apapun, pasti ada pelaku yang memainkannya (gamer) walaupun tingkat addicted seseorang terhadap game berbeda-beda. Ane pribadi masih dikatakan sebagai gamer walau tak se addict dulu hahaha.... Yah , mungkin karena makin sibuk juga wkwkwk ...

Jujur ane lagi nabung buat beli Overwatch hahahaha... Ya , game besutan dari Blizzard Entertainment. Walau gamenya sudah lama rilis , ane tetep mau main karena ingin merasakan langsung sensai memainkannya , hitung-hitung selama nabung ane main game di android hahaha....

Ada rekomendasi nih dari ane :D
1.For Honor (PS4 , XBOX One , PC)

2.Halo Wars 2 (XBOX One , PC)

3.Injustice 2 (XBOX One , PS4 , Android , iOS) coming soon brooh wkww

4.Nioh (PS4)

Cukup itu aja kali ya, lagi-lagi ente baca artikel Not Recommended dari ane lagi wkwkwk .... masih Not Recommended  ァ  ∧_∧ ァ

Sabtu, 29 Oktober 2016

Opini pribadi tentang dunia game. Especially Nintendo

Halo-halo lama tak jumpa. Maaf ya ane lagi sibuk kuliah (ciee udh kuliah~) hehehe. Maaf nih, kali ini topik baru ane akan membicarakan industri game dan opini pribadi tentang mengapa nintendo masih bisa menantang dan menyaingi produk gaming home lainnya. Semua isi dari artikel ini adalah hasil pemikiran ane serta opini dari beberapa referensi, jika  ada kesalahan, mohon dikoreksi :)

Ok pertama, ane bukan orang yang ngerti soal manajemen dan beberapa hal tentang dunia perbisnisan dan administratif. Tapi kemungkinan besar yang akan ane bicarakan akan ada sangkut pautnya sama dunia yang seperti itu. (?) Mungkin aja ada sangkut pautnya hahahaha... :D

Dari beberapa artikel yang sudah ane baca dan melihat langsung trailer dari produk baru nintendo, yaitu Nintendo Switch, ane berspekulasi bahwasannya Nintendo memang serius untuk melestarikan 'kejadulan'nya.

Kok kejadulannya ? Dari opini saya sendiri, nintendo merupakan salah satu perusahaan terbesar di era 80-90an karena eksistensinya yang masih mengusung game berbasis 8 bit dan merupakan home video game yang paling berpengaruh. Dilihat dari timeline, nintendo lebih unggul dibanding playstation 1 pada era tersebut karena dipengaruhi oleh salah satu franchise yang sangat ikonik yaitu Super Mario.

Pada masa itu pula atau bahkan sebelum itu, nintendo sempat bersaing dengan lawan dari negara asalnya jepang , mereka adalah Atari dan Sega. Mereka sama-sama mengusung game berbasis 8 bit. Tapi kenapa hanya nintendo yang dapat bertahan hingga produk barunya mendapat respon positif?

Dari 3 home video game tersebut, ternyata nintendo memiliki lumayan banyak ikon franchise pada era 80-90an. Sebut saja the legend of zelda, super mario bross, donkey kong dan lain lain. Beberapa game tersebut di era sekarang masih punya nama yang bagus karena nintendo terus berjalan mengarungi waktu sehingga ada versi yang lebih modern dan karena mereka mengembangkan nama tersebut. Contoh saja , di era 80an kita masih melihat Mario Bross dengan tenar, sedangkan pada hari ini Mario tak hanya 'menyundul' batu bata lagi, tetapi sudah berani balapan pakai gokart (Read : Mario Kart).

Walau di zaman sekarang nama nintendo masih rendah diantara 2 produk raksasa, seperti PS4 dan Xbox One, nintendo masih memanjakan game tradisionalnya. Tak mungkin saya berkata bahwa penggemar The Legend of Zelda sangat sedikit. Hal ini karena tuntutan pasar dimana PS4 dan Xbox One selalu mengejar game dimana semakin modern masa yang akan datang, maka kedua home video game tersebut akan selalu bersaing dan memberi fitur baru. Walau nintendo melakukan hal yang sama, akan tetapi konsep 'jadul'nya tak ditinggalkan. Isu punya isu pada saat perilisan Nintendo Switch pada tahun 2017 mendatang, hanya nintendo yang berani mengusung "cartride-based game". Hal ini menandakan bahwasannya bukan masalah modernisasi, tetapi player akan diajak bernostalgia kemasa lampau.

Secara pribadi ane dapat mengatakan dengan extreme, nintendo lebih sering menganut game-gamenya menjadi lebih dikenal dan tak mau kalah. Hal tersebut memang wajar sebagai salah satu kelebihan dari nintendo sendiri. Akan tetapi, game-game luar nintendo contoh saja game-game produk dari ubisoft, hanya beberapa yang compatible untuk dimainkan di nintendo. Entah itu adalah salah satu fitur atau konsep, yang pasti itu juga jadi salah satu kelemahan nintendo.
Secara pribadi, saya mengusulkan kepada pihak nintendo untuk memberi fitur dimana game-game sekelas GTA V, Warframe, Battlefield 4 dll dapat dimainkan di nintendo. Walau saya bukan player nintendo sejati, setidaknya saya salut dengan keberanian untuk bersaing dan menjaga ketradisionalannya.

Tak hanya usul, nintendo membuat ane salut akan harga NES-nya.
Untuk masalah game retro NES, jika dilelang harganya cukup membeli sebuah Xbox one atau laptop dengan spesifikasi tinggi bahkan dapat lebih dari sebuah mobil. Dari beberapa pelelang, harga sebuah kartridnya saja dapat mencapai 1 M. Dapat dibayangkan seberapa langka kartrid tersebut dan harga nya melebihi satu buah cd fisik PS4. Harga yang tidak wajar ini memberikan sensasi bahwasannya game jadul seperti nintendo dapat menjadi pemicu industri hiburan terutama game untuk lebih kompetitif dan selalu menawarkan kelebihan. Walau jadul, harga boleh diadu hehehe....

Pada tahun yang akan datang, Nintendo akan merilis sebuah Home video game terbaru dengan konsep hybrid. Dimana game konsol tersebut tak hanya dapat dimainkan di depan tv bersama keluarga, tetapi juga dapat dimainkan di luar rumah bersama teman. Istilah hybrid menganut pada konsep home video game + portable console game. Gimana? Tertarik untuk membeli? Tunggu Maret 2017 ya ~ XD

Tak hanya fokus pada game konsol kelas Home Video Game, nintendo juga aktif dalam perkembangan portable konsol. Contoh saja Nintendo 3DS. Saing punya saing, Nintendo 3DS berani diadu oleh PS Vita. Tetapi tentang siapa yang menang, itu tergantung dari kita. Lebih favorit pakai yang mana adalah selera orang masing-masing.

Jika disimpulkan, nintendo punya banyak variasi bentuk video game baik Home Video Game atau Portable Video Game. Jadi , nintendo di zaman sekarang selalu memberi inovasi kepada kenyamanan serta kesenangan player dengan beberapa fitur barunya. Tentang apakah nintendo akan mampu ada sampai masa mendatang jawabannya adalah di tahun 2017. Esensi dari artikel saya adalah memberi beberapa referensi serta sedikit seluk beluk dari nintendo. Bukan berarti ingin menjatuhkan, nama nintendo akan menjadi legenda yang sangat besar dalam sejarah per-game-an dunia. Secara pribadi, ane juga salah satu penggemar Mario bross di NES :D . Kalo ingin discuss lebih lanjut, dapat komentari artikel ini yak! See ya and good bye fellas! :)



Sumber gambar : i0.kym-cdn.com/entries/icons/original/000/021/539/NintendoSwitch_hardware.0.0.jpg

Selasa, 09 Agustus 2016

Unimportant story. Why i live as straight edger

Straight edge. Yeah, straight edge is the faith, the old theory, and the never-die lifestyle. I post this because i'm the one of billions straight edger in the world. But, for beginner who never heard what is straight edge maybe this article is a new commendation for you. And this article is belong to my friend. The great Straight Edge motivator that i ever seen.

Let's start from the zero point when straight edge was found
--- Straight edge was subculture that born from one song by Minor Threats. A punk and hardcore band that started new theory of punk and hardcore culture. The title of the song was "Straight Edge". The content of the song were some ideas of hardcore or punk that totally different with others punk and hardcore in its age. The lyrics contained the listener to stay away from drugs, alcohol, cigarettes and free sex. ---
for more information you can punch this link out. 


I love the hardcore musics. Instead, when i see some hardcore guys are blowing some smoke and it's very very annoying me. From that point i'm so interesting and wondering about some theory and lifestyle that give hardcore or punk guys a good and healthy life. No smoking, no alcohol, no free sex etc.

This is my story. And it's all begin because one friend.
--- Since i knew him, i was just feeling he was a same guy as the others. Just call him A. He sat on the class table and listened some song. I was hoping his songs were EDM. When i asked, "Can i see your songs list?". He was not replying by words, he gave me his tablet. I was hoping that i know one song. And the reality said no. His songs, one of them, i really didn't know. I saw dark style of album art cover over all. I asked "what is the genre of the song?" He replied "you'll never understand what i'm listening to. Just search it on youtube and you will understand". So i decided to go to the canteen after he said like that. Maybe he was hiding his personality by his songs. Or he just wanted somebody knows him by his songs. I remembered one moment, there were two sentences in his song list, "More Than Life" and "Fear". I was just thinking they were the title of the songs.
Someday, i played the games at Internet cafe. I was still wondering what his songs were. I opened up the youtube and searched them. I typed down "More Than Life" , the results were not expected as i want. So i tried combine two sentences "More Than Life Fear". The results were found. I clicked it and heard it. So this was hardcore music. The first hardcore music that i ever heard. The singer screamed and the scream reflected some rage and anger. So i tried to find more. In that moment,  i realized that the band name was "More Than Life". While the song played on my computer, i searched it biography. All of related word of it, i searched too. And that was a moment when i know "What Straight Edge is". All day i searched some straight edge scene. The bands were amazing. The second band that i loved one was Bane. They were from Boston. Especially its song titled "Wrong Planet" was so amazing for me.
One year later, i was in 3rd grade of SHS (Senior high school). I was ready for the next step. To became straight edger. I was ready to get away from drugs, alcohols, and especially tobaccos and cigarettes and be a person who lived in this scene with more healthy ways. My friend A, he asked me when he realized that i wore the straight edge watch. "Ten or thirty years later, will you smoke in front of me?". I said "No, i will not". He noticed me "Hardcore is more than the songs that you ever heard, Hardcore is a life. Hardcore is exist for being great humanity. Straight edge is the health one. So you must ready for the dark world and hold tight your straight edge life. Just like you hold your religion. Don't lost your faith and keep it straight". So i was ready to responsibility, especially my new lifestyle. He made me to believe that hardcore was more than musics, it was a life. So i believed and keep it tight.
He shared his opinions, knowledge of hardcore like the subgenres, bands etc. He had a lot bands. He shared straight edge, hardcore and punk bands from Indonesia, Japan, Canada, German, and Boston. They were amazing. All of hardcore bands, still stood clear among pop bands. Minor threat was a very very great punk band.
One day i asked to A about his songs. "What is your favorite genres? Is it just hardcore in your phone?" He answered "Not only hardcore, i love musics. I hear a lot of genres. Pop, EDM, reggae etc. Listening other musics is not meant you are straight edge. Straight edge is a life from hardcore scene. I have a lot of punk and hardcore bands in my phone too. Not only that, i have some EDM,reggae and pop too. Bored level of people is relative. The important things, you know the lesson of the hardcore. The content that you must learn from it. Learn from its lyrics".---

I still have a lot of perspective about hardcore. And wanna share my opinions to straight edger and hope the discussion is going to funier. Share the new hardcore and punk bands, the update of sxe fashion goods etc. Now i love hear local hardcore like Thinking Straight . I love its content, the lyrics, the songs and more!!
I'm so expecting to this world. Hardcore must evolve and never die till my grandchild born and Straight Edge still a live in future :D .


Link sources : wikipedia , www.wallpapersxl.com 

Kamis, 04 Agustus 2016

Suicide squad in Indonesia

Hello there! This is my first english post. This is a special post for you. I'm going to talk about Indonesian's respond about the Suicide Squad. 
Directed by David Ayer, this movie is a recommended to watch in weekend. Realeased yesterday 3rd August in Indonesia, every cinema was full of DC fans. Today, i'm expecting to give opinions about this badass movie. 
Unlike the other movie, Suicide Squad is villains movie that will give you a new perspective about the villains. Instead, they are not heroes at all (Except Katana and Rick Flag) and purpose to kill other villains. Maybe this theory is a good one cause to vanish other villains , you need other villains too. Villains against villains to break a chain of revenge.
Suicide Squad still shows the superhero of DC such as Batman and Flash. But, they appeared not last enough.
As timeline, Suicide Squad is a filler movie that brings you to Justice League. Automatically, I can say this movie is a next episode of Batman V Superman : Dawn of Justice though this movie is not showing the superheroes. You will see some humanity side of the villains like Harley Quinn, Deadshot, El Diablo and Killer Croc.
In the cinema, i heard some peoples comment a positive respond. They were look so happy to watch this movie. Very , very , very different and unpredictable story. I've watched this movie with my friend. Although he was not a geek of DC, he enjoyed the movie and said "This movie is absolutely badass! Full of villains and giving a new way to entertain the superhero lover. This movies is fucking cool". Ok that was my friend opinion, so this is mine.
This movie is a great one. If you expecting there's an epic superhero, dont. This is a new way of DC giving a new perspective of the very, very, bad villains, except joker. Most of them are Batman's supervillains. If you seek about villains movie, this one is very, very important to watch. I wanna say thanks to Jared Leto. His action was soooooo incredible. Also to David Ayer, he's a nice producer movie especially for Suicide Squad. This movie just like my cocaine, make me wanna see again. I can't wait for next DC movies.
In last, my respond to this movie is a great one. A must see movie if you DCU or DC fans. Full of comedy, non-stop action, and some psychopathic action. If you have some critics, suggest, comments and opinions, you can share your mind on comment slot below. Be a villain with Suicide Squad :)
Pict source : www.comingsoon.net

Sabtu, 30 Juli 2016

Reaksi gue saat di tanya: Pilih MCU atau DCU??

Halo reader! Post kali ini not recommended banget buat para reader ,deh. Sebab ane mau bahas yang ada di judul hehehe... Jangan lempar piring ke ane dulu ya ha ha ha!

Ane pernah ditanya pada suatu moment lagi ngomongin dunia film. Film emang gak ada habis-habisnya dan membuat ane penasaran , apalagi dunia perfilman Marvel dan Dc. Ane gak bakal bahas orang-orang pecinta Marvel maupun DC, sebab mereka bagaikan air dan minyak ha ha ha.

Note: FYI yang bingung apa itu MCU dan DCU
MCU: Marvel Cinematic Universe (dunia perfilman marvel yang dikembangkan asli atau film yang karakternya berasal dari komik dan kartun yang diproduksi oleh Marvel Entertainment contoh: Captain America, Ironman, Avengers series dan film-film upcoming lainnya)
DCU : DC Cinematic Universe (Film-film yang hasil produksi asli atau based on DC Entertainment. Contoh : Dark Knight Series, Superman series, Man Of Steel, Batman V Superman dan film-film upcoming lainnya.)

Sekedar ditanya oleh temen ane. "Lo suka DCU atau MCU?". Waduh , berat hahaha. Sebab ane nonton kedua belah pihak tersebut. Tapi kalau ditanya tentang superhero gua bakal tambah gak bener lagi jawabnya hahaha ...
Gue punya empat karakter favorit. Dua dari DC dan dua lainnya dari Marvel dan melingkupi Superhero maupun supervillain. Tapi ada urutan terfavorit, ini nominasinya:
1.Batman
2.Black Panther
4.Faora-ul
5.En Sabah Nur a.k.a Apocalypse
Yahh , yang diatas anggap saja curhatan hati ha ha ha.

Opini ane tentang kedua dunia besar itu sangat beda, tapi kalau disuruh pilih satu ane pilih....
DCU. Sabar ya buat para reader yang MCU lover ha ha ha.

Dibawah ini adalah pendapat serta alasan ane tentang DCU, tanpa harus dibandingkan dengan MCU. Sebab ane punya chemistry khusus dengan 2 dunia besar tersebut.
1.Superhero yang pertama ane lihat adalah Batman.

Waktu kecil, ibu gue sering beliin mainan. Banyak sih karakter superhero gitu. Dulu ane ga tau nama-nama dari karakter tersebut. Tapi dari sekian banyak superhero warna warni (sebut saja Power Rangers), cuma ada satu karakter yang hitam pakai jubah, yaitu Batman. Terlihat keren dan beda dari yang lain (karena pakai jubah), berikut-berikutnya saat ane diajak kepasar ane minta emak untuk beliin mainan Batman tersebut. Hingga sampai sekarang karakter Superhero terfavorit ane adalah Batman. Tak hanya dari mainan, ane juga suka menonton film Batman tahun 90an, Dark Knight series dan Batman V Superman. Dan terkadang ane juga main gamenya seperti Batman : Arkham City, Batman : Arkham Knight dll.

2.Menganggap Superman lahir dari komet/meteor.

Yang ini agak lucu ha ha ha, sebab waktu masih kecil dulu sering beranggapan Superman lahir dari komet. You know lah, film superman tahun 90-an scene awalnya adalah komet jatuh. Ya namanya juga masih kecil jadi ga tau apa apa ha ha. Sering nanya seperti itu waktu masih sd, ane ditertawakan, ha ha. Kalau inget kejadian ini bikin ketawa juga yang buat post ha ha. Beranjak SMP akhirnya bisa percaya kalau Superman adalah manusia dari planet lain. Karena makin penasaran dengan asal usul Superman, ane sampai-sampai nonton 10x lebih film Man Of Steel. Disini juga ane mulai suka dengan anak buah Jendral Zod, Faora-Ul.

3.Sering nonton kartun Teen Titans.

Kalau ngomongin masa kecil jadi inget enaknya hidup tanpa gadget canggih. Termasuk indahnya menonton seri Teen Titans. Dulu kartun ini keren banget karena karakter kesukaan ane di Teen Titans adalah Beastboy. Menurut pandangan ane, Teen Titans cocok ditonton semua umur karena karakter-karakter di serial ini masih remaja/masih kecil. Jadi, seperti melihat calon-calon superhero yang masih freshyear 

4.DC punya cerita yang sangat berat.

Kebanyakan orang yang tahu DC sebatas Batman dan Superman, menganggap cerita tersebut ringan dan mudah untuk ditebak. Bahkan mereka tak mau ambil pusing dengan film-film tersebut. Eits, jangan salah ya. Diluar sana masih banyak penggemar DC yang suka dengan cerita yang bikin pusing loh. Bahkan saking tertariknya mereka dengan DCU, banyak forum dan komunitas DCU untuk share opini dan teori-teori mereka tentang superhero dan easter egg DCU. Dari sekian banyak judul film DC pernahkah kamu mendengar judul film Watchmen? Yapp ini adalah film tentang superhero. Eiittss , jangan salah ya. Watchmen bukan film untuk orang yang suka cerita ringan. Basmi musuh lalu menang. Teori itu tak akan berlaku di film ini. Film yang digarap oleh Zack Snyder ini berhasil membuat sebagian besar orang Indonesia memilih keluar bioskop ditengah-tengah penayangan film ini. Kenapa demikian? Film ini menceritakan tentang superhero yang hidup di era 60 sampai 80an (kurang lebih sih, ane lupa maaf ya he he) dimana banyak terjadi prostitusi sangat amat parah, gangster dimana-mana, dan kasus-kasus kejahatan seksual dan lainnya. Pada awalnya, kamu tak akan mengerti ceritanya karena tidak terlalu banyak scene action, ditambah durasinya yang 3 jam membuat kebanyakan orang penat. Eiits, tapi respon dari ane positif kok. Film ini sangat teoritis dan yang pasti penonton akan selalu bertanya siapa yang jahat dan siapa yang baik.

5.Film upcoming DCU dan suguhan dari trailernya.

Sebelum Batman V Superman : Dawn Of Justice rilis, ane udah ga sabar banget untuk nonton film ini. Sebab BVS (Batman V Superman) merupakan starter pack yang amat bagus sebagai film pembuka. Satu hari setelah menonton film ini, hampir 80% teman-teman disekolah ane gak suka ama nih film. Wow, amazing! Mereka tak melihat sisi lain cerita ini. Yap, banyaknya easter egg dari BVS akan mengundang Justice League sebagai film lanjutan. Tak terkecuali film yang akan rilis tahun 2017, Wonder Woman sudah membuat ane dag dig dug untuk segera menonton film tersebut. Terlepas dari Justice League dan Wonder Woman sebagai film yang udah ane masukin ke wishlist, ane sudah siap untuk jadi penjahat bersama Suicide Squad. Kabar baiknya , Di indonesia akan segera rilis tanggal 3 Agustus 2016. Dilihat dari cara mengiklankan filmnya melalui trailer, Justice League merupakan Most anticipate trailer bagi ane (mungkin juga untuk kebanyakan orang) serta trailer Wonder Woman yang sangat apik.



Well, itu baru pendapat dan alasan ane suka DCU, sekarang giliran MCU 

1.Banyak Superhero hasil mutasi dan penuh sci-fi.

Kalau dilihat sisi biologis, MCU punya banyak sekali Superhero hasil mutasi walaupun mereka terkadang bukan disebut mutan. Beberapa diantaranya adalah :
A.Spiderman
B.Captain America
C.Hulk
D.Twin Maximoff
E.X-men family, dll.
Menurut ane, MCU masih banyak menyuguhkan sci-fi dimana didunia nyata ini sudah  diaplikasikan beberapa dan ada beberapa yang sudah terjadi. Contohnya karbon fiber yang dipakai sayap mekanik Falcon juga diterapkan didunia nyata sebagai bahan dasar beberapa mobil mewah. Lalu beberapa anggota X-men yang mutasinya juga ada didunia nyata seperti magneto dan masih banyak lagi.

2.Seri X-men

Walau tidak ditangani langsung oleh pihak Marvel, X-men tetaplah film Marvel yang semua karakter serta ceritanya diambil dari Marvel Universe dan terkadang para fans MCU mengatakan X-men bukanlah MCU. X-men tetaplah MCU, yang membuat beda adalah pengembangan filmnya bukan oleh pihak Marvel Studios (kalau tak salah X-men di produksi oleh TSG Entertainment). Karena itu, Captain America dan kawan-kawan tak akan bertemu dengan X-men families dalam dunia sinema. Ane punya chemistry yang sangat kuat dengan film-film dari x-men. Saking kuatnya, terkadang ane sampai bertanya sama guru biologi ane selama masih sekolah di SMA, khususnya tentang mutasi. Ane pernah menonton film ini lebih dari 5 kali, sehingga menjadi seri terfavorit. Beberapa seri favorit ane adalah:
A.The Wolverine Origins
B.X-men : Apocalypse
C.Deadpool
Menurut ane, seri dari x-men susah untuk ditebak sehingga ane mengkategorikan film ini Dewasa (Karena unsur teoritis dan cerita agak berat).

3.Superhero supranatural

Kalau mendengar kata supranatural, mungkin membuat agak merinding, termasuk si Ghost Rider yang berhasil membuat masa kecil ane takut pada penayangan perdananya. Ya, bagaimana tidak. Scene horror yang penuh aksi Nicholas Cage membuat film ini bukan terlihat seperti film-film superhero lainnya. Unsur 'Demonic' diperlihatkan dengan jelas dibanding unsur superhero-nya. Kalau ane bilang sih , ini bukan film superhero. Melainkan film yang menceritakan hubungan kontrak antara manusia dan iblis, untuk bisa membedakan Ghost Rider dengan superhero lainnya adalah sifat heroic yang hanya terpaku pada penyelamatan pribadinya dibanding orang lain serta terlihat kejam (Anti-Hero). FYI, Ghost Rider adalah keluarga dari Marvel Knight. kalau mau tau lebih lanjut apa itu Marvel Knight, klik disini.

4.Mempunyai banyak pilihan cerita.

Marvel lebih memperlihatkan banyaknya pilihan film, dimulai dari cerita yang enteng sampai terberat. Jujur saja, selama ane menonton film-film dari MCU, ada 2 seri atau film yang ane cap sebagai film yang membuat kita harus menonton lebih dari 1 kali. Yaitu X-men series dan Captain America : Civil War. Kenapa sih Civil War masuk nominasi cerita terberat dan dianggap film dewasa? Beberapa alasan ane adalah:
A.Dari awal akan disuguhkan
banyak easter egg.

B.Konflik superhero vs superhero yang tak pantas ditonton anak dibawah umur. Sebab pengertian superhero adalah pahlawan yang baik hati/pahlawan yang baik hati juga mempunyai kekuatan super.

C.Banyak flashback dan membuat berpikir 2 kali maksud dari setiap scene.

D.Sedikit ada unsur politik. Contoh: Opini yang berbeda dimana kedua kubu mempertahankan opini tersebut dan mengganggap opini kubu lain adalah salah padahal benar dan sebaliknya. 

Well, itu dia pendapat ane tentang MCU dan DCU. Hehe pokoknya jangan rasis , ya. Bukan berarti fans DCU gak boleh nonton film dari MCU dan sebaliknya, yang penting kita menghargai pilihan orang. Semoga post ini jadi referensi kamu buat milih satu dunia cinematic superhero terbesar. Jangan lupa buat saran, komentar dan kritiknya ya. Sampai jumpa lagi di lain sesi yang ga berguna. 

Kamis, 28 Juli 2016

Seandainya Indonesia adalah Video Game, Ini yang akan gue simulasikan :D

Haloha .... setelah sekian lama gak blogging, jadi rindu mau berbagi pendapat nih, hehehe.

Yapp judul Postingan emang agak berkhayal jauh. Mungkin reader bakal bertanya dalam hati "Kenapa gak jadi presiden aja?". Well, maksud ane menulis judul seperti itu adalah jikalau Indonesia menjadi negara yang nyaman seperti negara-negara maju didunia dengan mudah , why not?

Memang semua hal harus ada prosesnya, gak bisa instan dalam sekejap mata. Tapi, seandainya Indonesia adalah sebuah Video Game yang seluruh tata letak perkotaannya bisa diatur dan menambah sistem politik dan ekonomi, why not we try this game?

Kita tahu, sebagai WNI kita sudah bosan dengan kata 'macet'. Dimana-mana macet sampai bokap ane (Ayah) gak mau liburan keluar rumah kalau jalanan masih macet. Sampai-sampai yang nulis ini juga bosan ngetik 'macet', hahahaha....

Gue iri dengan negara lain, bukan hanya ketertiban warga negaranya, tetapi juga tata letak kota yang bersih dan rapih. Apalagi negara-negara maju di eropa, gak usah ditanya lagi deh. Dalam hati ane sering bertanya, "kapan ya Indonesia bisa tertib dan teratur?". Ane lemes setiap hari seperti mendengar keluhan masyarakat Indonesia yang mengeluhkan macet, sampah, dll.

Semakin lemes ane mengeluhkan semua itu jika tak ada solusi. Baiklah, gue akan mulai gamenya dan memainkannya (jeng jeng).
Fitur-fitur yang akan ane tambahkan adalah:

1.Menambah terminal angkot atau kendaraan umum lainnya dan diberlakukan aturan yang tegas.

Angkot atau angkutan kota sering jadi bahan bualan para rider dijalan. Pasalnya, para supir masih saja parkir/menaikan/menurunkan/ngetem sembarangan. Daripada bikin kesal, lebih baik dibuatkan terminal khusus. Sebab di kota ane tinggal sekarang minim sekali akan yang namanya terminal. Ane akan simulasikan, jika angkot atau kendaraan umum berhenti sembarangan apapun tujuan dan maksudnya, akan kena tilang dan langsung denda sebesar Rp.500.000,- (Kecuali mogok). Jika hal itu terjadi lebih dari 3 kali maka sang supir dilarang kerja selama sebulan atau lebih. Dengan demikian jumlah orang yang mau melanggar aturan bisa lebih ditekan.

2.Membatasi jumlah kendaraan pribadi dijalan raya.

Kendaraan pribadi juga jadi masalah besar bila tidak dikendalikan jumlahnya. Contoh saja sepeda motor. Dalam satu kepala keluarga saja saat ini rata-rata minimal sekitar 3  sepeda motor harus ada dirumah. Hal ini juga berdampak pada energi alam yang terbatas dimana semakin banyak kendaraan pribadi dijalan, semakin drastis pula konsumsi sumber daya yang terbatas tersebut. Selain mengurangi konsumsi bahan bakar , pastinya bisa mengurangi polusi. Lalu bagaimana dengan peraturannya? Gue akan menambah fitur 'terms and technology' yang agak unik, yaitu "Counting Machine for Private Motor Vehicles".Inovasinya, mesin ini berbentuk bulat yang ditanam di dalam kendaraan pribadi yang sudah dibeli. Berguna untuk mengatur jumlah kendaraan yang sudah dibeli dari dealer kendaraan yang bersangkutan guna membatasi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya. Bila kendaraan sudah mencapai angka maksimal, maka tak bisa dibeli dengan syarat apapun kecuali menunggu tahun berikutnya. Mesin ini juga pastinya bisa mendeteksi rekaman jejak 'Traffic' si kendaraan bermesin yang nantinya bila terjadi pelanggaran lalu lintas, si pengemudi dapat terkena tilang dan diberitahukan lewat SMS atau telpon. Selain menambahkan teknologi, gue akan menambahkan fitur 'Public Transportation Day' yang diadakan dua hari dalam seminggu. Semua warga negara dilarang menggunakan kendaraan mesin pribadi, kecuali ada perlakuan khusus untuk pekerja kurir dan sejenisnya. Pekerja tersebut juga harus punya surat izin berkendara yang berbeda dari yang lain.

3.Menambah CCTV di setiap sudut kota.

Guna CCTV tentunya untuk melihat suatu kejadian secara terus menerus. Jika ditempatkan disetiap sudut kota, tak hanya traffic yang bisa kita atur, melainkan tindakan kriminal dan kejahatan lainnya bisa ditekan. Fungsi lainnya juga bisa jadi pengatur kebersihan dengan menetapkan peraturan yang lalu. Jadi semua yang terlihat di CCTV juga akan terlihat oleh pemerintahan. 

4.Mengurangi sampah diseluruh kota dengan mendaur ulang

"Mendaur ulang sampah" atau Recycling , pasti sering disebutkan oleh semua orang untuk mengurangi sampah. Eiitts, tapi yang satu ini berbeda. Gue akan menambahkan fitur "Cleaning Job" untuk para pengangguran dan pemulung. Dengan menyulap mereka menjadi orang yang punya pendapatan tetap, mereka bekerja sebagai dinas kebersihan. Dengan menyortir sampah yang sudah dikumpulkan, maka dapat didaur ulang menjadi barang yang bernilai dan bermutu. Contoh : sampah organik bisa disulap menjadi pupuk organik dan sampah non-organik bisa disulap menjadi barang bernilai estetika dan fungsional. Pekerjaan ini juga dapat sebagai hukuman para supir angkutan umum yang melanggar aturan.

5.Mengatur jumlah imgran.

Kalau masalah anak, sudah cukup ya. Sekarang pemerintah sudah punya semboyan untuk keluarga baru "Dua anak lebih baik". Hal ini berguna untuk mengurangi kepadatan penduduk. Lain lagi kalau imigran. Sepertinya mereka berimigrasi sangat mudah tanpa berpikir panjang dan tak peduli pada kota yang dituju. Kalau begini caranya, ane akan buat peraturan baru. "KLIK , KLIK , KLIK" *Suara mouse , hehehe. Ane akan membuat sistem yang sama seperti passport, dan menambah peraturan dengan meminta surat rekomendasi dari kelurahan dan kecamatan untuk dapat pindah kota, baik untuk tinggal permanen maupun sementara. Dengan meminta keahlian pekerjaan, maksud dan tujuan jelas maka imigrasi dari daerah satu ke daerah lain dapat terkendalikan dan ditekan jumlahnya.

Cukup sekian dari ane, GM udah ngasih tau kalau gue udah main 2 jam dan disuruh istirahat , ha ha ha. Well, masih banyak banget sebenernya yang mau ane ubah mulai dari pemberantasan perumahan kumuh di pinggir kali/sungai, pedagang kaki lima yang seenaknya berjualan tanpa melihat dan mengindahkan fungsi trotoar, dll. Sayangnya jari-jari ane pegel dan perlu diurut , ha ha ha. Itu adalah sebagian opini dan inovasi yang masih berupa tulisan, semoga beberapa komplotan green community dan sejenisnya bisa lebih banyak lagi berinovasi. Jangan lupa kritik, saran dan komentar ente ya~~ semoga jari-jari gue ga pegel lagi buat ngetik beberapa artikel yang ga berguna. Stay tuned for next Not Recommended articles .😊😆

Sumber gambar: hqpictures.net

Minggu, 10 Juli 2016

Bermain game ? Siapa takut!

Halo reader , kali ini ane mau ada sesi penulisan tentang game. Bukan review game hehe , akan tetapi bagaimana kita menanggapi game yang sudah melekat pada kehidupan manusia.

Video Game memang sebuah sarana hiburan. Tak heran di Indonesia warnet (warung internet) atau rental game konsol juga menjamur. Ini artinya dapat dilihat seberapa banyak peminat game. Tak hanya berindikasi dari banyaknya jumlah warnet atau rental game , bahkan di zaman yang serba teknologi sekarang ini , smartphone juga bisa jadi indikasi seberapa banyak gamer di negeri ini.

Gaming atau bermain game merupakan suatu kegiatan yang wajar , akan tetapi harus pakai aturan. Sebab jika tidak ada aturan bermain , kita bisa lupa waktu dan menjadi seseorang yang tidak bijak dalam mengatur waktu. Bermain game juga harus bijak , artinya kita harus membedakan mana dunia virtual dan dunia nyata. Selain itu kita juga harus ambil 'sisi' positif dari game yang kita mainkan dan membuang 'sisi' negatifnya. Contoh saat bermain game online kita harus kompak dan mempunyai teamwork yang bagus. Hal ini dapat diterapkan di dunia nyata. Membuang sifat egois juga harus jadi pelajaran penting.

Tak lepas dari hitam putih , semua materi di dunia ini pasti mempunyai hal tersebut. Termasuk gaming. Jadi di sisi lain , banyak orang menganggap bermain game adalah suatu kegiatan yang menghabiskan waktu dan/atau uang. Hal ini juga berdampak pada player game tertentu yang mempunyai sifat boros dan haus akan pelayanan yang disajikan oleh game tersebut.

Terlepas dari efek buruk yang selalu dilihat banyak orang , bermain video game adalah suatu sarana hiburan yang membuat kita aktif dan mengajak player game untuk berkecimpung dalam dunia virtual. Berbeda dengan film yang hanya membuat para penonton menjadi penonton pasif , game atau video game lebih mengutamakan kontribusi player untuk dapat problem-solving pada game tersebut. Sehingga dapat mengasah kemampuan kita dalam menghadapi masalah.

Sama seperti film ataupun novel, game atau video game juga dapat dibeli. Hal ini membuat kebanyakan orang mengatakan bahwa bermain game itu dapat menghabiskan uang. Terlepas dari itu , game juga merupakan suatu sarana seseorang untuk berkarya dan melampiaskan perasaan si pembuat dan menjadi sarana pelampiasan perasaan si player juga. Jadi, sikap kita dalam mengapresiasi karya orang adalah menghargai karya tersebut. Bukan berarti menjadi seseorang yang boros , akan tetapi kita harus bijak juga dalam membeli sesuatu , termasuk video game.

Game atau video game dapat mencakup semua umur, tetapi ada batasannya. Dalam dunia internasional , rating game diatur oleh ESRB atau Entertainment Software Rating Board.
Untuk informasi lanjut bisa lihat contekan ane dari professor wiki. Di contekan ane ada rating game berdasarkan umur supaya bisa lebih bijak dalam bermain game.

"Entertainment Software Rating Board (ESRB) adalah sebuah organisasi regulator mandiri yang menilai permainan video, panduan periklanan, prinsip privasi daring permainan video dan perangkat lunak hiburan lainnya di Kanada dan Amerika Serikat."
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Entertainment_Software_Rating_Board

Untuk poin ini , kita harus tahu dan jeli dalam memilih game untuk kita mainkan dan dapat mengedukasikan kepada saudara dan teman-teman sekitar betapa pentingnya rating game.

Setelah kita belajar bijak dalam bermain game , kita harus tahu juga hikmah dan manfaat game.
Ada banyak sisi positif dari gaming atau bermain game , beberapa akan ane share 😄

1.Lahan bisnis baru
Tidak lepas dari dunia ekonomi, game bisa jadi lahan bisnis yang menjajikan. Seperti halnya yang dapat kita lihat beberapa developer game besar seperti EA, Ubisoft, Rockstar, Valve dan lain-lain. Mereka menjual game baik pra-bayar maupun in-app purchase yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Tak hanya si developer yang bisa kaya raya , player pun dapat menghasilkan uang. Seperti halnya menjual barang langka di dalam game, membuka jasa atau jual gamecard dll. Bahkan hanya modal me-review game , kamu dapat menerima rupiah dengan cara halal dan nikmat. 😆

2.Menjadi atlit e-sport
Zaman sekarang , bakat bermain game ga boleh dipendam. Kamu bisa berkontribusi bahkan bisa bawa nama Indonesia ke dunia internasional. Kok bisa? Yapp , dunia baru-baru ini (gak baru juga sih, hehehe) sudah meresmikan cabang olahraga baru , yaitu E-Sport (Electronic Sport). Definisi singkatnya e-sport adalah olahraga yang melibatkan game pc atau konsol sebagai sarana olahraga. Ada banyak game yang di pertandingkan dan kebanyakan adalah game berbasis online. Seperti Starcraft (1 dan/atau 2), World Of Warcraft, Dota 2, Call Of Duty, League Of Legends dan masih banyak lagi. Alhamdulillah Indonesia telah meresmikan cabang ini oleh pemerintah, yaitu IeSPA (Indonesia Electronic Sport Association). 😄

3.Menjadi sarana atau simulasi
Masalah itu bukan dicari , tapi akan datang dengan sendirinya. Baik disengaja ataupun tidak. Tak jarang banyak orang jengkel dengan masalah yang mereka hadapi. Nah, game bisa jadi simulasi kamu untuk bisa problem-solving. Seberapa cerdas kamu dalam mengatasi masalah dapat di tuangkan pada saat bermain game. Game atau Video game pasti mempunyai konflik yang nantinya harus di atasi. Jadi , memecahkan masalah dengan cara yang mengasyikan dapat ditemukan dalam video game. Hal ini dapat diterapkan dalam dunia nyata dimana kamu bisa lebih relax mengatasi masalah. Tak hanya sarana problem-solving, video game juga dapat menambah wawasan kamu. Sebagai contoh game bertema perang dunia yang syarat akan nilai sejarah. Lalu game-game casual seperti Sims city dalam mensimulasikan kecerdasan dan mengasah kemampuan kamu membangun sebuah kota. Masih banyak game atau video game yang dapat menambah wawasan atau syarat akan nilai-nilai pendidikan. Seperti Surgery Simulation, Project Cars, MotoGP, Ace Combat, Arma 3, dan game-game simulasi lainnya.

Well , cukup sekian dari ane. Semoga kedepannya kita dapat lebih bijak dalam bermain game dan industri game Indonesia tidak berhenti. Ane berharap manfaat adanya game supaya Indonesia menjadi negara produktif dalam bidang ini dan diberlakukannya kebijakan oleh pemerintah dan masyarakat dalam menilai video game di segala platform. Terimakasih , dan sampai berjumpa lagi di lain sesi 😄😄






Sumber gambar :
media.steampowered.com/steamcommunity/public/images/items/207080/5954a2b16c4923e0354a84d011502c0ada3729f8.jpg